Kamis, 04 Agustus 2011

PROFIL PUSKESMAS MADIUN

JANJI  PELAYANAN :
KAMI  SIAP  MEMBERIKAN  PELAYANAN
TERBAIK

M  O  T  T  O                :
BERSAMA  KAMI,  ANDA  SEHAT

V  I   S   I                       :
TERWUJUDNYA  MADIUN  SEHAT  2010

M   I   S   I                     :
  1. Menggerakkan  Pembangunan berwawasan Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas
  2. Menolong Kemandirian Hidup Sehat bagi Keluarga dan Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas
  3. Memelihara dan Meningkatkan Mutu, Pemerataan dan Keterjangkauan Pelayanan Kesehatan yang diselenggarakan
  4. Memelihara dan Meningkatkan Kesehatan Perorangan, Keluarga dan Masyakatat beserta Lingkungannya

KETENAGAAN  /  PENDIDIKAN           :
1.   Dokter  Umum                              :   1    orang
2.   Dokter  Gigi                                  :   1    orang
3.   S-1   Keperawatan                       :   1    orang
4.   D-3  Keperawatan                        :   2    orang
5.   D-3  Gizi                                       :   1    orang
6.   D-3  Kebidanan                            :   2    orang
7.   D-3  Analis Kesehatan                  :   1    orang
8.   D-3  Hyperkes&Keselamatan
              Kerja                                     :   2    orang
8.   P2B                                               :   4    orang
9.   SPPH                                            :   1    orang
10. SMF                                             :   1    orang
11. SPK                                              :   1    orang
12. Pekarya Kesehatan                        :   1    orang
13. SLTA                                            :   3    orang
14. SLTP                                            :   2    orang

PROGRAM  PELAYANAN           :
1.   Kesehatan Ibu dan Anak               ( KIA )
2.   Keluarga Berencana                      ( KB )
3.   Nutrisionis                                     ( GIZI )
4.   Balai  Pengobatan                         ( BP )
5.   Usaha Kesehatan Gigi & Mulut     ( GILUT )
6.   Kesehatan  Jiwa
7.   UKS, Kesehatan Mata & Lansia
8.   Hygiene dan Sanitasi                    ( H. S )
9.   Penyuluh Kesehatan Masyarakat  ( PKM )
10. Pemberantasan Penyakit Menular
11. Laboratorium
12. Pengobatan                                   ( APOTIK )
13. Pencatatan dan Pelaporan             ( R R )

Penjelasaan
1. KESEHATAN  IBU  DAN  ANAK    ( KIA )
-   Petugas  sudah senior dan sudah berpengalaman
-   Melayani  : *  Pemeriksaan Ibu Hamil Setiap hari Rabu
                      *  Imunisasi TT CPW / BUMIL / Bayi

2. KELUARGA  BERENCANA  ( KB )
-   Petugas  sudah senior dan sudah berpengalaman
-   Melayani  KB :  * Implant, Pil
     *  IUD, Suntik, Kondom
     *  Konsultasi  KB

3.  NUTRISIONIS    (  GIZI   )
-   Petugas  dari Pendidikan Akademi Gizi ( AKZI )
-   Melayani  : * Pojok Gizi/Konsultasi Gizi termasuk Diet
                         seperti : Lambung, Kencing Manis ( DM ), Asam Urat, Jantung, Ginjal, Hati,
                                      Hypertensi, Balita Bermasalah Gizi
4.  BALAI  PENGOBATAN    (  BP  )
-   Petugas  terdiri dari  2  orang yang berpendidikan  Akademi Keperawatan ( AKPER ) dan
    1 orang Lulusan Sarjana ( S1 )
-   Melayani  :  * Pengobatan Dasar seperti : Flu, panas, Diare, dll
                       * Pelacakan  seperti Kusta, TB Paru, MTBS, IMS
                       * Rujukan

5.  KESEHATAN GIGI &  MULUT ( GILUT )
-   Petugas  seorang Dokter Gigi & sudah pengalaman
-   Melayani  :
TINDAKAN
B I A Y A
Konsultasi & Resep
          g r a t i s
Pancabutan
Rp.            7.000,-
Tumpatan Sementara
Rp.            4.500,-
Tumpatan Permanen
Rp.            6.000,-
Insisi Abses
Rp.            7.000,-
Pembongkaran gigi palsu
Rp.          10.000,-
Pembersihan Karang
Rp.           5.000 / bagian
Perawatan Stomatitis
Rp.            2.500,-
R u j u k a n
       g r a t i s

6.  KESEHATAN  JIWA
-   Petugas  seorang Sarjana Keperawatan
-   Melayani  : *  Screaning gangguan jiwa dimasyarakat
   *  Penyuluhan, Kunjungan rumah pada Penderita
   *  Rujukan
6.  KESEHATAN  JIWA
-   Petugas  seorang Sarjana Keperawatan
-   Melayani  : *  Screaning gangguan jiwa dimasyarakat
   *  Penyuluhan, Kunjungan rumah pada Penderita
   *  Rujukan

7.  UKS. KESEHATAN MATA & LANSIA
-   Petugas  berpendidikan Akademi Keperawatan
-   Melayani  : *  Pemberian Obat Cacing ke Sekolah
                     *  Pemeriksaan Kesehatan mata
                     *  Posyandu Lansia

8.  HYGIENE DAN SANITASI  (  H. S  )
-   Petugas  seorang lulusan SPPH
-   Melayani  : *  Penyehatan Lingkungan Perumahan&Pemukiman
                      *  Penyehatan TTU, TPM, TP2M
                      *  Penyehatan Instansi Pendidikan, dll
9.  PENYULUH  KESEHATAN  MASYARAKAT
-   Petugas  lulusan D-3 dibidangnya
-   Melayani  :  *  Posyandu, UKBM, Saka Bhakti
                       *  Promosi Kesehatan, Poskesdes
                       *  Penyuluhan, Dana Sehat, UKK

10.  PEMBERANTASAN PENYAKIT MENULAR
-   Petugas  seorang Epidemiologi
-   Melayani  : *  Pengamatan, Pemantauan&Mewaspadai berbagai penyakit yang dapat menimbulkan KLB
                           seperti  : Diare,Demam Berdarah,Cikungunya,dll
           *  Membantu Imunisasi

11.  LABORATORIUM
-   Petugas  seorang Analis Kesehatan
-   Melayani  :
J E N I S
B I A Y A
Darah Lengkap
Rp.       25.000,-
Urine Lengkap
Rp.        15.000,-
Demam Berdarah
Rp.        20.000,-
Typhoid
Rp.        20.000,-
Malaria
Rp.        10.000,-
Asam Urat
Rp.        15.000,-
Gula Darah
Rp.        10.000,-
Cholesterol
Rp.        20.000,-
Pemeriksaan Kehamilan
Rp.          5.000,-

12. PENGOBATAN
-   Petugas dari Lulusan Sekolah Menengah Farmasi dan dibantu seorang lulusan Akademi Farmasi
-   Melayani  : *  Merencanakan, Mempersiapkan, Menyimpan dan mendistribusikan Obat
                      *  Membuat Laporan & Mencatat ke buku stok gudang

13.  PENCATATAN & PELAPORAN  ( R R )
-   Petugas sudah berpengalaman
-   Melayani  : *   Pendaftaran Pasien & Laporan Kunjungan Pasien
                      *  Absensi, Cuti, Surat Masuk & Keluar

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Saya kecewa dengan pelayanan PUSKESMAS ORO ORO OMBO khususnya bagian KIA untuk imunisasi tidak melayani sesuai dengan janji pelayanan yaitu siap memberikan pelayanan yang terbaik... tetapi apa buktinya...jam loket buka 7.30 tetapi sampai jam 8.10 blm juga dilayani baru setelah komplain br dilayani itupun dengan marah2 dan imbasnya memebrikan vaksin campak tdk mengoleskan dg alkohol atu tdk melakukan SOP(standard operational prosedure) dg baik...bukannya mereka (pegawai) itu dibayar untuk melayani masyarakat?Tolong utk para pejabat yang berwenang bisa meninjau kembali kinerja bawahanya....Terima kasih

    BalasHapus